Selasa, 25 Oktober 2016

NOVITA PUTRI UNTARI
2014-020-043
EKONOMI MANAJERIAL
Ekonomi manajerial adalah ilmu ekonomi yang mempelajari cara untuk memperoleh laba secara maksimal
Laba    = Penjualan- Biaya
TI        = TR- TC
Cara menaikkan laba yaitu :
1.      Menaikkan resuvenue
2.      Menurunkan cost
Total cost merupakan variable endogen, variabel endogen adalah variabel yang paling mudah diatasi oleh manajer (managerable)
Total revenue merupakan variable exogen, variabel exogen adalah variable yang tidak bisa dimanage langsung oleh manajer (unmanagerable).
Tujuan ekonomi manajerial:
Tujuan Khusus:
         Efektifitas dan Efisiensi Produksi
         Pengaturan dan Strategi
         Penyeimbangan Supply dan Demand
         Peningkatan Penjualan
Tujuan Umum : Laba
LABA
Karakteristik Laba:
         Laba merupakan tujuan akhir dari suatu perusahaan.
         Laba merupakan sarana untuk menciptakan kesejahteraan bagi pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan:
- Karyawan (kesejahteraan, pengetahuan, ketrampilan, dsb.)
- Negara (pajak)
- Investor (deviden, sehingga mau berinvestasi lagi)
- Masyarakat (melalui
CSR, ketersediaan lapangan kerja)
         Laba menentukan multiplier effect pembangunan.
Peran Laba:
         laba sebagai sumber pembiayaan, seperti:
-
peningkatan kualitas SDM
-perluasan produk
-perluasan pasar
-pembiayaan lainnya
         laba sebagai ukuran pembayaran pajak
         laba sebagai ukuran untuk membagi hasil usaha (deviden)
         laba merupakan cerminan kesehatan operasional perusahaan.
         laba sebagai sumber pembiayaan kesejahteraan.
         laba sebagai sumber pembiayaan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungannya.
Teori Memperoleh Laba:
         Teori Pembuangan Resiko: jika resiko-resiko kerugian dapat dihindari.
         Teori Friksi: Jika menang dalam mengambil kesempatan ketika friksi terjadi
         Teori Monopoli: Jika memonopoli usaha.
         Teori Inovasi: Jika inovasi lebih awal dibanding pesaingnya.
         Teori Efisiensi: Jika efisien dalam operasionalnya.
         Teori Kompensasi: jika mampu memuaskan konsumen, dan mempertahankan efisiensi.
Cara pengukuran laba optimum:
         Menggunakan teknik optimasi:
- Teknik optimisasi dengan kalkulus (optimization with calculus).
-
Optimisasi Multivariate
-
Optimisasi Terkendala (constrained optimization)

         Menggunakan Metode Lagrange Muliplier 
Referensi: Supawi Pawenang, 2016, Modul Akutansi Biaya UNIBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar